ndie blog

Sabtu, 20 Oktober 2012


Tugas Fisika Dasar 3
Nama : Andi Supriyadi
Npm : 20411748
Kelas : 2 IC 06

1.Interferensi Gelombang Cahaya.

Interferensi adalah superposisi dua buah gelombang atau lebih,interferensi dapat terjadi pada gelombang mekanis atau gelombang cahaya.
Interferensi Gelombang Cahaya,
Adalah perpaduan dari 2 gelombang cahaya.
Agar hasil interferensinya mempunyai pola yang teratur, kedua gelombang cahaya harus koheren, yaitu memiliki frekuensi dan amplitudo yg sama serta selisih fase tetap.
Pola hasil interferensi ini dapat ditangkap pada layar, yaitu
  • Garis terang, merupakan hasil interferensi maksimum (saling memperkuat atau konstruktif)
  • Garis gelap, merupakan hasil interferensi minimum (saling memperlemah atau destruktif)
Syarat interferensi maksimum :
Interferensi maksimum terjadi jika kedua gelombang memiliki fase yg sama (sefase), yaitu jika selisih lintasannya sama dgn nol atau bilangan bulat kali panjang gelombang λ.

Syarat interferensi minimum
Interferensi minimum terjadi jika beda fase kedua gel 180o, yaitu jika selisih lintasannya sama dgn bilangan ganjil kali setengah λ.

2.Interferensi Gelombang Riak Air.

Yang dimaksud dengan interferensi gelombang riak air adalah
Interferensi pada tangki riak,contohnya : putaran baterai yang dikaitkan pada kedua ban mobil mainan (tamiya) yang sudah dinyalakan akan menghasilkan dua gelombang pada air yang akhirnya membentuk interferensi gelombang.
Pada tangki riak, dua sumber koheren adalah dua pembangkit gelombang berbentuk bola yang digetarkan oleh satu batang penggetar. Muka gelombang yang dihasilkan pembangkit bola berbentuk lingkaran.


FGE 13
Tangki riak FGE adalah hasil pengembangan dari jenis sebelumnya FGE 12. Tangki riak ini mempunyai keunggulan lebih,yaitu mampu menampilkan tayangan gelombang yang tidak bergerak pada layar translusen, sehingga bayangan gelombang dapat diamati lebih mudah . bayangan gelombang dapat dibuat diam atau berjalan dengan mengatur tombol pengatur pada stroboskop.frekuensi dapat langsung diketahui dari tampilan indikator pada stroboskop
Unit stroboskop digital (PWM 145) dilengkapi dengan lampu halogen 12 v / 25 watt yang menyebabkan bayangan pada layar dapat terlihat dengan sangat jelas . piringan dapat berputar dan diatur kecepatanya, sehingga pada mode sinkron ,frekuensi strobo dan gelombang permukaan air di sinkronkan , karena itu gelombang akan tampak diam,sedangkan pada mode tidak sinkron, gelombang akan tampak bergerak , unit stroboskop dilengkapi juga dengan fungsi pemicu manual untuk menghasilkan gelombang satu-persatu .
Set alat tangki riak adalah peralatan yang digunakan untuk demonstrasi atau percoban mengenai sifat-sifat dasar gelombang , seperti : pemantulan , pembiasan, difraksi dan interferensi , dengan mensimulasinya menggunakan gelombang permukaan air . air ditempatkan pada sebuah wadah plastik berukuran 500x320x50 mm, yang mempunyai dasar kaca. Rangka besi penyangga tangki setinggi 300m dapat dibongkar-pasang.
Dengan memantulkan cahaya melalui cermin pada sebuah layar transulen , maka bayangan dan bentuk gelombang dapat diamati. Riak atau gelombang ditimbulkan dengan menggunakan Pembangkit Riak  (FGE 12 11) yang menghasilkan gelombang udara pada Pembangkit Gelombang Datar (FGE 12 13) atau Pipa Pembangkit Gelombang Lingkaran (FGE 12 17).

3.Pemaparan singkat Teori Young.

Christiaan Huygens menyatakan dalam abad ke 17 yang cahaya di pancarkan ke semua arah sebagai ciri-ciri gelombang, Pandangan ini menggantikan teori partikel halus. Ini disebabkan oleh karena gelombang tidak diganggu oleh gravitasi,dan gelombang menjadi lebih lambat ketika memasuki medium yang lebih padat, Teori gelombang ini menyatakan bahwa gelombang cahaya akan berinterferensi dengan gelombang cahaya lain seperti gelombang bunyi (seperti yang disebut oleh thomas young pada kurun ke 18) dan cahaya dapat dipolarisasikan . Kelemahan teori ini adalah gelombang cahaya seperti gelombang bunyi, memerlukan medium untuk dihantar . Suatu hipotesis yang disebut luminiferous aether telah diusulkan , tetapi hipotesis itu tidak disetujui

4.Perbedaan Interferensi dan Difraksi.

Interferensi
adalah superposisi dua buah gelombang atau lebih,interferensi dapat terjadi pada gelombang mekanis atau gelombang cahaya.
Difraksi
adalah peristiwa pembelokan gelombang saat melewati suatu objek (misalnya berupa rintangan ataupun celah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar